—◦◖◐▂Pencemaran Lingkungan▂◐◗◦—

Pencemaran Lingkungan

A. Macam – macam Pencemaran Lingkungan
Berdasarkan lingkungan yang mengalami pencemaran, secara garis besar pencemaran lingkungan dapat dikelompokkan menjadi pencemaran air, tanah, dan udara :

a. Pencemaran Air
Di dalam tata kehidupan manusia, air banyak memegang peranan penting antara lain untuk minum, memasak, mencuci dan mandi. Di samping itu air juga banyak diperlukan untuk mengairi sawah, ladang, industri, dan masih banyak lagi.


Tindakan manusia dalam pemenuhan kegiatan sehari-hari, secara tidak sengaja telah menambahjumlah bahan anorganik pada perairan dan mencemari air. Misalnya, pembuangan detergen ke perairan dapat berakibat buruk terhadap organisme yang ada di perairan. Pemupukan tanah persawahan atau ladang dengan pupuk buatan, kemudian masuk ke perairan akan menyebabkan pertumbuhan tumbuhan air yang tidak terkendali yang disebut eutrofikasi atau blooming. Beberapa jenis tumbuhan seperti alga, paku air, dan eceng gondok akan tumbuh subur dan menutupi permukaan perairan sehingga cahaya matahari tidak menembus sampai dasar perairan. Akibatnya, tumbuhan yang ada di bawah permukaan tidak dapat berfotosintesis sehingga kadar oksigen yang terlarut di dalam air menjadi berkurang.

Bahan-bahan kimia lain, seperti pestisida atau DDT (Dikloro Difenil Trikloroetana) yang sering digunakan oleh petani untuk memberantas hama tanaman juga dapat berakibat buruk terhadap tanaman dan organisme lainnya. Apabila di dalam ekosistem perairan terjadi pencemaran DDT atau pestisida, akan terjadi aliran DDT.

b. Pencemaran Tanah

Tanah merupakan bagian penting dalam menunjang kehidupan makhluk hidup di muka bumi. Seperti kita ketahui rantai makanan bermula dari tumbuhan. Manusia, hewan hidup dari tumbuhan. Memang ada tumbuhan dan hewan yang hidup di laut, tetapi sebagian besar dari makanan kita berasal dari permukaan tanah.. Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban kita menjaga kelestarian tanah sehingga tetap dapat mendukung kehidupan di muka bumi ini. Akan tetapi, sebagaimana halnya pencemaran air dan udara, pencemaran tanah pun akibat kegiatan manusia juga. Pencemaran tanah dapat disebabkan oleh adanya limbah domestik, limbah industri dan limbah pertanian.

dampak pencemaran tanah dapat menimbulkan gangguan terhadap bio tanah, tumbuhan, merusak struktur permukaan tanah, dan tekstur tanah.

c. Pencemaran Udara
Udara dikatakan tercemar jika udara tersebut mengandung unsur-unsur yang mengotori udara. Bentuk pencemar udara bermacam-macam, ada yang berbentuk gas dan ada yang berbentuk partikel cair atau padat.


Dampak Pencemaran Bagi Manusia Secara Global

Pembakaran bahan bakar minyak dan batubara pada kendaraan bermotor dan industri menyebabkan naiknya kadar CO2 di udara. Gas ini juga dihasilkan dari kebakaran hutan. gas CO2 ini akan berkumpul di atmosfer Bumi. Jika jumlahnya sangat banyak, gas CO2 ini akan menghalangi pantulan panas dari Bumi ke atmosfer sehingga panas akan diserap dan dipantulkan kembali ke Bumi. Akibatnya, suhu di Bumimenjadi lebih panas. Keadaan ini disebut efek rumah kaca (green house effect). Selain gas CO2, gas lain yang menimbulkan efek rumah kaca adalah CFC yang berasal dari aerosol, juga gas metan yang berasal dari pembusukan kotoran hewan.

Efek rumah kaca dapat menyebabkan suhu lingkungan menjadi naik secara global, atau lebih dikenal dengan pemanasan global. Akibat pemanasan global ini, pola iklim dunia menjadi berubah. Permukaan laut menjadi naik,sebagai akibat mencairnya es di kutub sehingga pulau-pulau kecil menjadi tenggelam. Keadaan tersebut akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem dan membahayakan makhluk hidup, termasuk manusia.
Akibat lain yang ditimbulkan pencemaran udara adalah terjadinya hujan asam. Jika hujan asam

Terjadi secara terus menerus akan menyebabkan tanah, danau, atau air sungai menjadi asam. Keadaan itu akan mengakibatkan tumbuhan dan mikroorganisme yang hidup di dalamnya terganggu dan mati. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap keseimbangan ekosistem dan kehidupan manusia.

Upaya Penanggulangan Pencemaran Lingkungan

Berbagai upaya telah dilakukan, baik oleh pemerintah maupun masyarakat untuk menanggulangi pencemaran lingkungan, antara lain melalui penyuluhan dan penataan lingkungan. Namun, usaha tersebut tidak akan berhasil jika tidak ada dukungan dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

Untuk membuktikan kepedulian kita terhadap lingkungan, kita perlu bertindak. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pencemaran lingkungan, diantaranya sebagai berikut:

1. Membuang sampah pada tempatnya

2. Penanggulangan limbah industri

3. Penanggulangan pencemaran udara

4. Diadakan penghijauan di kota-kota besar

5. Penggunaan pupuk dan obat pembasmi hama tanaman yang sesuai

6. Pengurangan pemakaian CFC

Yang kita inginkan lingkungan kita tetap bersinh dan nyaman…

sumber-sumber yg menginspirasi saya :

http://www.bplhdjabar.go.id/index.php/did-you-know/lingkungan/304-pencemaran-tanah

http://hend-learning.blogspot.com/2009/04/pencemaran-lingkungan.html

Terima kasih atas tulisan-tulisannya yg sangat berharga.


8 Comments

  1. di Upaya penanggulangan pencemaran lingkungan,, yg point
    6. Pengurangan pemakaian CFC

    itu teh CFC makanan fastfood tea bie!!??

  2. CFC itu klo ga salah CHLOROFLUOROCARBON ciep ^_^ adalah sebuah senyawa organik yang mengandung karbon , klorin , dan fluorine , diproduksi sebagai derivatif volatile metana dan etana . Sebuah subclass umum adalah hidroklorofluorokarbon (HCFC), yang berisi hidrogen, juga. Mereka juga umumnya dikenal dengan DuPont nama dagang Freon. . Yang umum paling representatif adalah dichlorodifluoromethane (R-12 atau Freon-12). Banyak CFC telah banyak digunakan sebagai refrigeran, propellants (dalam aplikasi aerosol), dan pelarut. T Pembuatan senyawa tersebut sedang dihapus oleh Protokol Montreal karena mereka berkontribusi penipisan ozon .

  3. der, tau gag upaya khusus untuk pencegahan pencemaran lingkungan yang di lakukan oleh pemerintah?
    klo ad sekalian di jabarin program2ny 🙂

  4. apakah bisa dilakukan dengan tingkat kesadaran yang rendah ?? terutama para pelaku industri…

  5. harusnya Indonesia bisa meniru Jepang… Tokyo sekarang menjadi salah satu kota terhijau di Dunia karena memiliki banyak ruang terbuka hijau, seyogyanya Indonesia pun dapat meniru apa yang dilakukan Pemerintah Jepang, dan bukannya malah nebangin pohon2 gara proyek rumah susun2… LETS GO GREEN!!!

  6. Nice share Bie…
    Emang lingkungan harus kita jaga dengan sebaik mungkin, mulai dari yang hal kecil-kecil dulu aja, namun itu berdampak besar pada lingkungan…Go Green !

  7. Waktunya bersih-bersih. Hal ini harus dilakukan demi bumi yang lebih indah dan nyaman ditempati. Pencemaran akibat kurang disiplinya kita menjaga bumi. No cemar Yes Bersih!😀 Templatenya item banget bie

  8. kita tidak bisa mempengaruhi lingkungan dengan apa yg kita mau terhadap lingkungan tetapi kita belajar memahami bagaimana untuk menciptakan lingkungan yg baek…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s