Military Security

Perusahaan Kemanan Militer Jerman Membantu Perang Somalia

Anggota parlemen Jerman telah menyuarakan keprihatinan tentang kesepakatan antara perusahaan keamanan Jerman militer dan seorang panglima perang memusuhi pemerintah yang didukung PBB di Somalia.

Keamanan Jerman Asgaard Group, yang menyewa mantan tentara Jerman, telah menandatangani kontrak dengan Abdinur Ahmed Darman, yang mengaku menjadi presiden Somalia.

Anggota parlemen dari tiga pihak Jerman mengatakan kesepakatan itu akan memperburuk konflik di Somalia dan melanggar sanksi PBB.

Tapi wartawan BBC di Somalia mengatakan  Darman adalah tokoh marjinal dalam perang.

Darman menyatakan dirinya sebagai presiden pada tahun 2003, namun tidak tinggal di negara selama sekitar lima tahun, dan dianggap oleh sebagian besar warga Somalia sebagai pencari publisitas, wartawan BBC Mohamed Moalimuu laporan dari ibukota Mogadishu.

Mempersiapkan daya

Asgaard mengatakan akan menyediakan layanan, termasuk pelatihan militer, hanya ketika Mr Darman menjadi pemimpin negara.

Menurut Darman Partai Republik memiliki kantor di Mogadishu dan kadang-kadang masalah laporan – mengacu kepada Darman sebagai presiden – tetapi tidak dianggap sebagai pemain politik utama.

“Begitu dia mengandaikan kontrol lagi urusan-urusan negara, dengan persetujuan PBB, Asgaard GSG akan mengambil alih pelatihan, perlengkapan dan penyediaan layanan api, pelayanan kesehatan masyarakat dan pengendalian bencana alam, serta polisi dan militer,” pernyataan di situs Asgaard mengatakan;

“Kami ingin melakukan ini dalam kerjasama erat dengan pemerintah Jerman, dan kami sama sekali tidak bertindak terhadap kepentingan mereka Pada titik ini tidak ada warga Jerman di Somalia atas dorongan Asgaard GSG..”

Somalia telah diguncang oleh kekerasan selama lebih dari dua dekade.

Seorang anggota parlemen Jerman terkemuka di partai Linke sayap kiri, Paul Schaefer, mengatakan kesepakatan itu Asgaard mengkhawatirkan “karena kebijakan semacam bayangan asing, di luar kendali parlemen”.

Seorang politisi liberal Jerman FDP, Rainer Stinner, kata seperti kesepakatan “jelas melanggar” sanksi PBB melarang pengiriman senjata atau pelatihan bagi milisi Somalia.

Pemberontakan Islamis

kelompok-kelompok Islam mengendalikan sebagian besar bagian selatan negara itu, dengan pemerintah transisi yang didukung PBB yang dipimpin oleh Presiden Sheikh Sharif Sheikh Ahmed terbatas pada bagian-bagian kecil dari ibukota.

Presiden Ahmed – seorang mantan pemimpin pemberontak yang dipilih oleh anggota parlemen Somalia pada bulan Januari 2009 – di Turki untuk menghadiri konferensi perdamaian, di mana dia mengatakan kepada BBC bagaimana ia dimaksudkan untuk mengatasi Islamis.

Dia mengatakan ia ingin membangun pasukan pemerintah sementara yang menawarkan cabang zaitun untuk radikal yang mungkin berubah.

Namun wartawan BBC Mark Doyle di Istanbul mengatakan jauh dari jelas apakah presiden, dijelaskan di Barat sebagai, moderat akan menang.

Dia memiliki dukungan Barat sekarang, karena Washington berharap ia akan tetap al-Qaeda di teluk di Afrika Timur, tetapi dukungan Barat adalah piala yang diracuni di Somalia nasionalis, katanya.

http://news.bbc.co.uk/2/hi/world/europe/10148322.stm

( Analisis Kritis )

Yang kita ketahui perang Somalia adalah konflik bersenjata di somalia yang melibatkan Ethiopia dan pemerintahan transisi federal somalia melawan militan islam, ICU ( Islamic Court Union ) dan milisi lainnya. Perang secara resmi dimulai pada tanggal 21 desember 2006, ketika pemimpin ICU Sheik Hassan Dahir Aweys, mendeklarasikan “Somalia berada dalam perang, dan semua bangsa Somalia harus ikut berperang melawan Ethiopia”

Dengan bantuan militer dari Jerman jelas bahwa milisi Somalia akan lebih kuat lagi melawan milisi islam, hal yg demikian akan semakin berlarut – larut, apalagi jika didalam konflik tersebut terdapat kepentingan dari masing – masing negara yg membantu.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s